• pelayanan@smpn7purwokerto.sch.id
  • (0281) 635822

PELEPASAN SISWA KELAS IX SMPN 7 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

May 16, 2019 4:14 am Published by , 0 Comment

Setelah menjalani serangkaian ujian bagi siswa Kelas IX, tiba saatnya mereka harus meninggalkan almamater untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya. Sebagai ungkapan syukur dan menandai selesainya jenjang pendidikan menengah pertama, pada hari Senin, 14 Mei 2018 SMP Negeri 7 Purwokerto menggelar pelepasan siswa-siswi kelas IX di Gedung Indoor sekolah. Acara perpisahan diikuti oleh siswa Kelas IX dan didukung oleh Kelas VIII dan VII serta dihadiri Bapak/Ibu Guru Karyawan dan Komite Sekolah.

Kegiatan pelepasan tersebut berlangsung meriah dan mengesankan. Acara diatur sedemikian rupa agar dapat menjadi kenangan tersendiri bagi siswa Kelas IX. Salah satu agenda dalam pelepasan tersebut adalah menyisipkan acara hiburan yang mengangkat kesenian lokal yang ditampilkan oleh siswa-siswi SMPN 7 Purwokerto sendiri. Penampilan musik calung diiringi lagu dan tari khas Banyumas tampil dengan apik dan di-applause sangat meriah oleh penonton. Secara tidak langsung penampilan siswa-siswi tersebut telah ikut berperan serta dalam melestarikan Kebudayaan Banyumasan.

Acara pelepasan berlangsung meriah karena momen tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang  Pentas Seni dan Kreativitas siswa siswi SMP Negeri 7 Purwokerto. Meskipun sederhana, acara tersebut berlangsung  khidmat dan cukup meriah.  Acara lain selain pertunjukkan calung Banyumasan yang merupakan salah satu budaya Kabupaten Banyumas, juga menampilkan Fashion Show Batik Banyumasan. Tak mau kalah dengan siswa dalam memeriahkan acara Pelepasan Siswa tersebut, Bapak Daryono yang merupakan guru mata pelajaran Bahasa Jawa juga ikut menghibur dengan unjuk kebolehan dalam bermain Sulap yang membuat suasana semakin meriah.

Kemeriahan lainnya juga ditunjukkan oleh penampilan Wiyangga Band, grup band Purwokerto yang tdak asing lagi di kalangan kawula muda dimana salah satu personalnya adalah Guru Seni Buda SMP Negeri 7 Purwokerto yaitu Bapak Rifqi Fandanu. Puncak kemeriahan acara terjadi ketika Bapak Kepala Sekolah Hari Sri Raharjo S.Pd., M.Pd, bersama Bapak Yunanto yang merupakan Komite Sekolah serta guru-guru yang lain dan siswa –siswi  SMP Negeri 7 Purwokerto berbaur bersama menyanyikan lagu Cucakrowo diiringi oleh musik kenthongan kolaborasi dengan calung.

 

 

Menyanyi bersama diiringi musik tradsional Kenthongan



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *